Rabu, 11 Desember 2013

Website & Chatting

Anggota Kelompok 5 TIK (Website & Chat)

Akhmad Fauzi
Andina Nazza Apriliani
Ilyas Abdurrahman
Putri Ayu Rismayanti
Sinta Bela Sari

Website

Website adalah kumpulan dari
halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Sejarah Website

WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Jenis - jenis Website
Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
1.    Website Statis
2.    Website Dinamis
3.    Website Interaktif
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya                                      

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Manfaat Website
Beberapa alasan mendasar atau utama mengapa perusahaan bahkan individu membuat atau ingin memiliki sebuah website atau situs internet, diantaranya adalah :
1.     Memperluas jangkauan promosi, dengan memiliki website maka produk kita lebih banyak dikenal masyarakat—bahkan sampai ke manca negera. Produk yang bisa ditawarkan melalui website bisa berupa produk barang maupun jasa. Dengan luasnya promosi maka otomatis akan meningkatkan penjualan perusahaan kita.
2.      Media tanpa batas, internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website berarti kita sama saja memiliki karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Artinya website kita akan memberikan informasi kepada calon pembeli selama 24 jam non stop.
3.      Internet bisa diakses oleh seluruh lapiran masyarakat di antero jagat (unlimited user access).
4.      Promosi terluas, internet adalah media promosi terluas jika dilihat dari kacamata jangkauan atau cakupan area (unlimited scopt of areas).
5.     Media pengenalan perusahaan. Jika kita baru saja mendirikan perusahaan atau baru saja meluncurkan sebuah produk, maka websitelah solusinya. Kenapa bisa demikian? Dengan adanya website kita lebih cepat mengenalkan perusahaan kita dan lebih mendekatkan perusahaan ke pelanggan. Hal ini disebabkan pelanggan internal maupuan eksternal bisa menggali lebih dalam tentang sejarah perusahaan, jasa atau produk yang di tawarkan, bahkan informasi lowongan kerja dan detail informasi perusahaan.
6.      Sebagai media promosi, Internet merupakan salah satu media promosi yang menarkan biaya yang relatif efisien dikaitkan dengan jangkauan area dengan optimalisasi manfaat terbesar.

Unsur-Unsur lain dalam Website

Nama domain 
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet.Untuk nama/alamat situs, salah satu format standar nama yang digunakan adalah sebagai berikut : 

nama-protokol:/nama-host/path/nama-file

nama-protokol misalnya http, ftp.
nama-host misalnya www.tegararian.blogspot.com
path = nama lengkap jalur ke file, misalnya: prg
nama-file misalnya tugas.doc

Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :

  • .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
  • .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
  • .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
  • .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
  • .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
  • .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  • .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

Chatting

Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui tulisan,yg terjadi secara tidak langsung,dengan menggunakan koneksi internet,yang mana pesan itu dikirim sangat cepat,tanpa harus menunggu terlebih dahulu.
Chatting dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer, contohnya adalah MIRC, dan Yahoo Messenger(YM). Chatting juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook dsb!!! chatting juga dapat dilakukan lewat hp dengan aplikasi Mig33.
Lewat chatting ini banyak orang yang menemukan sahabat, teman, bahkan pacar baru.

Beberapa Manfaat Chatting

Ada beberapa manfaat chatting yang dapat kita peroleh, antara lain adalah:

1. Sarana murah dan mudah.
2. Konsultasi dengan dokter.
Beberapa situs menyediakan jasa konsultasi dengan dokter, dan kita bisa memanfaatkan layanan itu.
3. Berhubungan dengan para pakar.
4. Mengetahui isi buku.
5. Mendapatkan teman baru.
6. Sebagai sarana belajar dan diskusi.

Kerugian Chatting

 1. Lupa akan waktu, pasti lah kalo udah keasyikan ngobrol . Lupa ma kerjaan, makan dan mungkin sampai lupa juga sama kewajiban-kewajibannya.
2. Lupa bersosialisasi dengan temen-temen yang ada di dunia real, karena mungkin asyiknya chatting dan fokusnya sama temen chat.
3. Menciptakan sosok yang sempurna tentang temen chat. Tapi belum tentu loh dia seperti apa yang kita bayangin.
4. Pemborosan dan banyak pengeluaran untuk chatting.

Aplikasi Untuk Chatting

1. Ebuddy



Tampilan aplikasi ini sederhana namun menarik.paduan warna latarnya atraktif,dengan ikon-ikon full warna yg tak kalah apik.eBuddy ini bisa mengalokasikan hasil foto kamera ponsel menjadi avatar display.gambar fotopun bisa langsung dikirimkan ke teman chat.aplikasi ini kompetibel dg im:msn,yahoo!,aim,icq,google talk,dan facebook.platformnya java(J2ME),yang hampìr semua ponsel teknologi java.termasuk blackberry.dapat di download di http://m.ebuddy.com atau http://get.ebuddy.com dapat juga melalui getjar.com quickdownload ,dg code 17291 

2. Mig33




Aplikasi chating asal negeri kanguru ini tercatat populer sebagai aplikasi chat mobile.fasilitasnya ada file-photo sharing atau pun voip/telpon dengan teman chat.download di http://wap.mig33.com

3. Mxit


Aplikasi ini memiliki panduan bahasa INDONESIA saat proses download.jadi memudahkan calon pengguna.bisa download di http://www.mxit.com/wap.MXit dengan mxit biaya lebih murah dan bisa dipakai msn,icq,aol,dan jabber 

4. YehBa


Aplikasi ini terbilang baru.namun kemajuannya terukur pesat,dimana fasilitasnya makin lengkap.YehBa memiliki versi java(J2ME)dan symbian.untuk java download di http://m.yehba.com/files/YB_2.0.jar atau di wap.getjar dg code 6433.fiturnya antara lain mobile blogging, antarmuka intuitif dan user friendly dan minim bandwith.jadi tak banyak menyedot data.untuk memulainya,set'add IM'dengan yahoo,bila ingin YM-an. 

5. Nimbuzz



Sedikit berbeda dg ebuddy,nimbuzz memiliki beberapa fitur yg terbilang canggih.selain mengakomodasi pengiriman pesan teks instan,layanan ini bisa di pakai melakukan panggilan international sesama pengguna.fasilitas ini optimal untuk ponsel symbian dan windows mobile.tapi ponsel java juga bisa.untuk chating nimbuzz menyedikan fasilitas'buzz'layaknya YM messenger PC.Berkirim foto,file,voice pun bìsa.juga dilengkapi phonebook untuk backup daftar kontak.dapat di download di http://www.nimbuzz.com/en/mobile/ atau d wap.getjar dg code 26137 

 Tatakrama dalam Berchatting

1. Selalu Ucapkan Perkenalan
    Bila Anda melakukan chatting (obrolan) dengan orang yang baru, sebaiknya diawali ucapan salam dan diikuti dengan memperkenalkan diri. Selain itu, ada baiknya juga menggunakan nama asli sehinggga akan sangat membantu dalam proses pertemanan selanjutnya. Sikap jujur sangat diperlukan dalam konteks ini. Tanyakan juga hobi teman baru Anda, siapa sangka dia bisa menjadi mitra yang baik dalam sharing hobi yang sama ataupun berbeda.

2. Jangan Gunakan Huruf Kapital/Besar
    Salah satu pantangan atau larangan dalam ber-chatting adalah hindari penggunaan huruf besar atau kapital. Dalam dunia internet, huruf kapital menunjukkan ekspresi marah. Untuk itu hindari penggunaan huruf kapital sehingga tidak menyinggung teman chatting.

3. Jangan Agresif
    Kebanyakan orang yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook sering bersikap agresif terhadap teman chatting-nya. Misalnya ketika obrolan sudah nyaman, sering ditindaklanjuti dengan meminta nomor atau lamat rumah teman chatting-nya. Bahkan sering juga langsung mengajak untuk kopi darat atau bertemu secara langsung. Mungkin hal ini terbilang wajar namun justru dapat menjadi bumerang bagi Anda sendiri karena jelas sebagian orang memang tidak menginginkan hal-hal privasinya untuk diketahui orang lain seperti nomor HP. Untuk itu, lakukan pendekatan yang sopan dan tunjukkan kalau Anda bisa dipercaya.

4. Pamit Sebelum Offline
     Bila Anda telah memulai sebuah obrolan dalam media jejaring sosial internet dan ingin mengakhiri obrolan tersebut karena urusan lain, sebaiknya sampaikan salam pamit dan alasanyang logis mengapa Anda harus log out atau offline terlebih dahulu. Sikap ini menunjukkan rasa respek atau hormat kita terhadap teman chatting kita.

Sumber Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar